Biografi Stephen Wolfram dan Mathematica

 



 

 

 

 

Stephen Wolfram adalah pencipta Mathematica , penulis A New Kind of Science , pencipta Wolfram | Alpha , dan pendiri dan CEO Wolfram Research . Selama karirnya, ia telah bertanggung jawab untuk banyak penemuan, penemuan dan inovasi dalam ilmu pengetahuan, teknologi dan bisnis.

 

Lahir di London tahun 1959, Wolfram dididik di Eton, Oxford, dan Caltech. Dia dipublikasikan pertama karya ilmiah pada usia 15, dan telah menerima gelar PhD dalam fisika teoretis dari Caltech pada usia 20. Wolfram awal karya ilmiah terutama dalam fisika energi tinggi, teori medan kuantum, dan kosmologi, dan termasuk beberapa hasil sekarang-klasik. Setelah mulai menggunakan komputer pada tahun 1973, Wolfram cepat menjadi pemimpin dalam bidang muncul dari komputasi ilmiah, dan pada tahun 1979 ia mulai pembangunan SMP-pertama aljabar komputer modern sistem yang ia dirilis secara komersial pada tahun 1981.

 

Dalam pengakuan atas karya awal dalam fisika dan komputasi, Wolfram menjadi tahun 1981 penerima termuda Fellowship MacArthur. Akhir tahun 1981 Wolfram kemudian ditetapkan pada arah baru yang ambisius dalam ilmu bertujuan untuk memahami asal-usul kompleksitas di alam. Ide kunci pertama Wolfram adalah menggunakan eksperimen komputer untuk mempelajari perilaku program komputer sederhana yang dikenal sebagai selular automata. Dan mulai tahun 1982, ini memungkinkan dia untuk membuat serangkaian penemuan mengejutkan tentang asal-usul kompleksitas. Koran-koran Wolfram diterbitkan cepat memiliki dampak yang besar, dan meletakkan dasar untuk bidang yang muncul bahwa Wolfram disebut "penelitian sistem yang kompleks."

 

Melalui pertengahan 1980-an, Wolfram melanjutkan karyanya pada kompleksitas, menemukan sejumlah koneksi mendasar antara komputasi dan alam, dan menciptakan konsep-konsep seperti irreducibility komputasi. Karya Wolfram menyebabkan berbagai aplikasi-dan menyediakan dasar ilmiah utama untuk inisiatif seperti teori kompleksitas dan kehidupan buatan. Wolfram sendiri menggunakan ide-idenya untuk mengembangkan sistem generasi keacakan baru dan pendekatan baru untuk komputasi dinamika fluida-yang keduanya sekarang digunakan secara luas.

 

Setelah bekerja ilmiah pada penelitian sistem yang kompleks, pada tahun 1986 Wolfram mendirikan pusat penelitian pertama dan jurnal pertama di bidang, Sistem Kompleks . Kemudian, setelah karir yang sangat sukses di akademisi-pertama di Caltech, kemudian di Institute for Advanced Study di Princeton, dan akhirnya sebagai Profesor Fisika, Matematika, dan Ilmu Komputer di University of Illinois-Wolfram meluncurkan Wolfram Research, Inc

 

Wolfram memulai pengembangan Mathematica pada akhir 1986. Versi pertama dari Mathematica dirilis pada 23 Juni 1988, dan langsung disambut sebagai kemajuan besar dalam komputasi. Dalam tahun-tahun berikutnya, popularitas Mathematica tumbuh pesat, dan Wolfram Research menjadi didirikan sebagai pemimpin dunia dalam industri perangkat lunak, secara luas diakui untuk keunggulan baik dalam teknologi dan bisnis. Saat ini di Versi 9, Mathematica telah menjadi bahasa perangkat lunak standar dan lingkungan untuk ilmiah, teknis, dan algoritma komputasi, dan pengembangan perangkat lunak algoritmik.

 

Pada tahun 1991, Wolfram mulai membagi waktunya antara pembangunan Mathematica dan penelitian ilmiah. Bangunan pada karyanya dari pertengahan 1980-an, dan sekarang dengan Mathematica sebagai alat, Wolfram membuat suksesi cepat penemuan baru yang besar. Pada pertengahan 1990-an penemuannya mendorongnya untuk mengembangkan kerangka konseptual fundamental baru, yang kemudian menghabiskan sisa tahun 1990-an menerapkan tidak hanya untuk jenis baru pertanyaan, tetapi juga untuk banyak masalah mendasar yang ada dalam fisika, biologi, ilmu komputer, matematika, dan beberapa bidang lainnya.

 

Setelah lebih dari sepuluh tahun bekerja sangat terkonsentrasi, Wolfram akhirnya menggambarkan prestasinya dalam buku 1200-nya halaman Yang Baru of Science. Dirilis pada 14 Mei 2002, buku itu secara luas diakui dan segera menjadi bestseller. Publikasinya telah dilihat sebagai memulai pergeseran paradigma sejarah yang penting dalam ilmu pengetahuan, dengan implikasi baru yang muncul setiap tahun.

 

Bangunan pada Mathematica dan ide-ide Yang Baru of Science, Wolfram memulai proyek yang paling ambisius sampai saat ini: membangun sebuah sistem yang akan membuat banyak pengetahuan dunia mungkin dihitung dan dapat diakses oleh semua orang. Pelepasan Wolfram | Alpha Mei 2009 secara luas dipandang sebagai langkah maju bersejarah, yang telah mendefinisikan dimensi baru untuk perhitungan, dan sekarang menjadi alat penting yang digunakan oleh jutaan orang setiap hari.

 

Wolfram telah Presiden dan CEO Wolfram Research sejak didirikan pada tahun 1987. Selain kepemimpinan bisnis, Wolfram sangat terlibat dalam pengembangan teknologi perusahaan, dan secara pribadi mengawasi desain fungsional dari produk inti perusahaan.

 

Dalam beberapa tahun terakhir, kecenderungan Wolfram untuk inovasi telah diterapkan semakin luas. Bangunan pada tumpukan teknologi yang mendalam terkait dengan Mathematica dan Wolfram | Alpha, kemajuan A New Kind of Science, dan keberhasilan upaya bisnisnya, Wolfram kini mengembangkan teknologi dan produk dalam beberapa arah baru yang penting.

 

Selain kontribusi langsung pribadinya, Wolfram juga berfungsi sebagai penasihat dan mentor dalam berbagai, pengaturan kewirausahaan dan pendidikan perusahaan.Elementary Cellular Automata

 

 

 

Pada Wolfram Mathematica, cellular automata dihasilkan oleh fungsi CellularAutomaton[rule,init,t]. CellularAutomaton mempunyai tiga bagian. Bagian pertama yaitu rule adalah ketentuan aturan. Bagian kedua yaitu init adalah kondisi awal, dimana pola awal warna atau nilai sel ditetapkan di awal baris untuk kemudian berevolusi menurut aturan yang ditetapkan. Bagian ketiga yaitu t adalah jumlah langkah waktu untuk menjalankan aturan.

 

Sebagai contoh untuk menampilkan elementary cellular automata aturan 90, maka menggunakan fungsi CellularAutomaton[90, {{1}, 0}, 50]. Bagian pertama adalah nomor aturan yang merupakan deretan 8-bit bilangan biner. Nomor aturan ini berfungsi membuat aturan atau ketentuan nilai atau warna sel berikutnya berdasarkan nilai atau pola sel tetangganya. Nomor aturan dilambang dengan deretan 8-bit bilangan biner. Pada aturan 90, maka deretan 8-bit bilangan binernya adalah sebagai berikut (Anida, 2006).

 

Bit-8      Bit-7       Bit-6       Bit-5       Bit-4      Bit-3       Bit-2      Bit-1

 

111       110         101         100       011        010         001        000

 

  0             1             0             1             1             0             1             0

 

Aturan tersebut diperoleh dari perhitungan biner yaitu (0)20+(1)21+(0)22+(1)23+(1)24+(0)25+(1)26+(0)27=90.

 

Dalam bentuk gambar, aturannya seperti pada gambar berikut

 

 

 

Gambar berikut adalah beberapa nomor aturan dalam elementary CA


cellular automata rule 90


Posting Komentar

0 Komentar